Kamis, 26 Agustus 2010

MASALAH PERSAHABATAN

Beberapa di antara kalian sekarang mungkin sedang menghadapi permasalahan dengan sahabat. Kalau sudah begini, rasanya mau menyapa sahabat sendiripun jadi tidak enak dan canggung. Pertengkaran atau sedikit kesalahpahaman adalah problema yang biasa dihadapi dalam sebuah persahabatan, hanya saja kadang kita sulit mengatasinya agar semua kembali normal. Nah, di bawah ini ada beberapa contoh masalah persahabatan yang sering terjadi sekaligus cara penyelesaiannya :-) Semoga bisa membantu kalian ya!
1. Sahabatmu Berbohong
Ceritanya:
Kamu sedang sakit dan meminta temanmu datang untuk menemani kamu. Tapi dia menolak dengan alasan harus menemani Ibunya belanja. Keesokan harinya, temanmu yang lain cerita bahwa saat kamu sakit, dia melihat sahabatmu sedang jalan berdua sama cowok yang kamu taksir dan bukan sama Ibunya.
Kamu harus:
Saat mengetahui sahabatmu berbohong, yang pertama harus kamu lakukan adalah tenang. Setelah kamu tenang, coba tanyakan pada sahabatmu alasan di balik kebohongannya dan minta supaya dia jujur. Lalu utarakan kepadanya kenapa kamu kecewa terhadap tindakannya dan tidak ingin dia mengulanginya lagi.
2. Sahabatmu Materialistis
Ceritanya:
Setiap kali kamu dan sahabatmu pergi bersama, kamu adalah orang yang selalu ‘seolah-olah’ berkewajiban untuk membayar semua pengeluaran, dari mulai makan, nonton, hingga beli aksesoris. Sementar sahabatmu hanya terima beres.
Kamu harus:
Stop memperlihatkan royalitas kepada sahabatmu itu! Setiap kali akan pergi bersamanya, kamu harus tekankan bahwa kamu hanya membawa uang secukupnya untuk dirimu sendiri. Jadi pastikan bahwa setiap kalian pergi bersama, dia memiliki cukup uang untuk dirinya sendiri.
3. Sahabatmu Salah Paham
Ceritanya:
Hari ini ulang tahun sahabatmu dan dia mengajakmu makan bersama teman-teman yang lain di salah satu restoran. Kamu dan pacar sahabatmu akan menyiapkan sebuah kejutan, dan kalian berdua menolak ajakan sahabatmu dengan alasan yang berbeda satu sama lain. Ketika sahabatmu sedang menuju ke restoran tempat dia akan merayakan ulang tahunnya, dia melihat kamu dan pacarnya bergandengan tangan sambil berlari menyeberang jaln raya untuk membeli kado kejutan untukmu. Karena dia tidak tahu mengenai kejutan yang sudah kamu siapkan, dia marah dan menganggap kamu sudah mengkhianatinya.
Kamu harus:
Begitu kamu tahu tentang kesalahpahaman ini, kamu harus langsung menjelaskan kepada sahabatmu bahwa kamu dan pacarnya hanya mencari kado kejutan untuknya dan yakinkan padanya bahwa semua yang ia lihat hanya salah paham. Kamu bisa meredam amarahnya dengan mengatakan bahwa kamu hanya ingin memberikan kado terbaik untuknya sehingga kamu mengajak pacarnya untuk mendapatkan informasi mengenai apa yang kira-kira sedang kamu inginkan :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar